Monday, December 7, 2009

Click Jalankan N1MM

Setelah mengatur configurasi anda, kemudian sebaiknya jangan langsung running, keluar lebih dahulu artikata me-restart kembali untuk masuk ke aplikasi ini. Setelag running atur posisi layar agar mudah mengoperasikannya pada saat kontest. Seperti tampak contoh tampilan di bawah ini.


bila anda memliki koneksi fasilitas internet memunculkan tampilan layar untuk dx-spot seperti pada gambar atas pojok kiri dan kanan atau tampilan seperti dibawah ini dengan cara menyiapkan fasilitas telnet sebelumnya.


Setelah ini menyiapkan semua pada tampilan pada layar, langkah yang harus disiapkan adalah set database, set kontest yang diinginkan untuk diikuti.

Sebelum melakukan contest yakinkan dan pastikan download update dan fasilitas update sudah terinstal semua. Bila belum melakukan download update jangan dilanjutkan untuk pelaksanaan kontest.

Catatan: Pastikan untuk selalu memuat paling terbaru (dan benar) paling baru CTY.DAT sebelum memasuki kontes. Download file terbaru negara dari Internet menggunakan 'Download terbaru negara file (wl_cty.dat) (Internet) 'di menu Tools DAN impor ke arus database menggunakan 'Import country list from downloaded file'.

Log umum adalah kontes: DX. Untuk melakukan keduanya CW dan SSB dalam 'kontes' ini memilih modus Campuran. Memilih CW SSB atau hanya akan memungkinkan modus yang dipilih.

Kemudian anda perlu memahami sedikit tentang bagaimana N1MM Logger daftar QSO. Logger daftar QSO dalam bentuk database Access 2000. Beberapa contest dapat disimpan dalam database yang sama. Dalam database ini informasi contest disimpan dalam dua tabel. Tabel pertama untuk contest, dan satu lagi table untuk informasi contest ditampilkan di bagian Log Spesifikasi Lomba. Dalam tabel kedua tanggal mulai untuk kontes disimpan.


Sebelum awalnya anda melakukan perubahanan terhadap database copy-kan lebih file : ham.mdb, tempham.mdb, dan master.dta menjadi zz-ham.mdb, zz-tempham.mdb, dan zz-master.dta, bila anda tidak melakukannya akan muncul error yang menyatakan file sudah ada. Barulah anda lakukan perubahan data tersebut pahami dahulu keterangan dibawah ini.

NEW DATABASE atau NEW DATABASE
•  New Database
Untuk membuat log database yang baru. Mengubah nama yang diusulkan (new.mdb) menjadi berarti nama untuk penggunaan atau isi dari database baru. Contojh misalkan untuk kontes luar negeri anda berikan nama kontesdx.mdb atau sebaliknya kontesdlm.mdb. untuk kontes dalam negeri. Mulai sekarang database ini akan dibuka secara default saat startup program. Gunakan Open Database untuk memilih Database yang akan menjadi database default untuk membuka. Banyak kontes dapat disimpan dalam satu database. Selalu gunakan database terpisah untuk menguji versi baru dari program dan membuat backup secara teratur dari direktori logger N1MM dengan seluruh isinya tetapi setidaknya file database (*. mdb) dengan 'real' kontes QSO's.Begitu memilih "New Database" anda harus mengisi nama data base tersebut, seperti tampilan layar di bawah ini :

•  Open Database.
Mengunakan database yang ada untuk mengunakan log dari database yang ada. Sebuah pilihan bisa dibuat dari database sudah dibuat. Banyak kontes dapat disimpan dalam satu database.

Peringatan: Semua informasi pengaturan seperti info stasiun, cluster telnet, fungsi dll informasi kunci adalah disimpan dalam database saat ini. Ketika membuat sebuah database baru informasi ini akan disalin ke yang baru. Perubahan selalu disimpan dalam database terbuka saat ini. Jadi, ketika membuka database semua informasi yang tersimpan lama harus diperiksa jika masih berlaku dan berubah dimana dibutuhkan. Hal ini dapat dilakukan sebagian otomatis dengan menggunakan fungsi ekspor dan impor untuk packet tombol telnet / dan tombol fungsi.


Setelah mengisikan nama database yang baru atau memilih data base yang ada makan akan dilanjutkan dengan muncul layar dibawah ini :

Anda dapa memilih DX untuk start awalnya.

Setelah anda memenuhi ketentuan diatas ini. Barulah dapat membuat log kontest yang baru atau menggunakan yang anda gunakan log yang sudah ada dengan menggunakan "NEW LOG IN DATA BASE" atau "OPEN LOG IN DATABASE".

•  NEW LOG IN DATA BASE.
Ketika log kontes baru sama sekali, hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih : “File” -- > “New Log in database” (Pilih Baru).

NEW LOG IN DATA BASE (Pertama kali install)

Tanggal mulai ini tidak mempengaruhi contest apa yang terkait dengan contest itu. Jika log qso anda sementara contest tertentu adalah pilihnya, qso itu adalah berhubungan dengan yang sedang malaksanakan contest, tidak peduli apa tanggal qso atau contest. Tanggal kontes hanya digunakan untuk membantu anda mengidentifikasi contest tertentu.

•  OPEN LOG IN DATABASE
Ketika memulai log kontes lama (yang sudah ada), hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih “File” -- > “Open Log in database” (Menggunakkan kontes Log yang ada) '.

OPEN LOG IN DATABASE

Catatan Penting : Bila memilih log dari sebuah contest perhatikan “Sent Exchange”. Format ini pengisiannya sesuai dengan ketentuan format/Roll dari Contest yang ada. Bila rollnya adalah nomor urut maka Sent Exchange-nya start awal 001 maka nilai Sent Exchange-nya harus O“Nol”. Bila dipergunakan pertukaran lokal atau propinsi seperti yang terjadi didalam contest local ini harus disesuaikan dengan roll dari log database yang ada yang kira-kira mirip dengan format kontest lokal . Dan perlu diingat bahwa “Sent Exchange” jangan sekali-kali diberikan RS(T), contoh kontes lokal 59001(FiveNine Zero Zero One)


Log Type : Buatlah pilihan yang tepat untuk kontes

Start date : Tanggal hari pertama kontes

Previous Contest : Ini akat terisi tabel daftar contest yang pernah anda ikuti atau yang anda akan gunakansebagai ajuan dari contest yang akan diikuti.

Operator Category: Buat pilihan kondisi operator dalam pelaksanaan kontes.
SINGLE−OP, SINGLE−OP−ASSISTED.MULTI−ONE, MULTI−TWO, MULTI−MULTI, SCHOOL−CLUB, CHECKLOG, SINGLE−OP−PORTABLE, ROVER(station petualang), MULTI−UNLIMITED, MULTI−LIMITED

Band Category : Buat pilihan kondisi band yang di ikuti oleh operator kontes. ALL,160M,80M,40M,20M,15M,10M,LIMITED

Power Category: Power yang digunakan
HIGH “>100Watt”, LOW “<100watt”, style="font-weight: bold;">Mode Category : Kondisi bentuk kontes yang di ikuti : CW, SSB, RTTY,MIXED

Overlay Category : Make a choice for your situation.
Choices are: N/A, ROOKIE, BAND−LIMITED, TB−WIRES (tri−bander and wires), OVER−50, HQ -- Overlay kategori pengajuan log saat yang tepat. Dalam CQ-WPX, CW and, CQ−WPX−SSB, overlay kemungkinan kombinasi kategori dari ROOKIE, BAND−LIMITED, TB−WIRES. dalam STEW−PERRY,category overlay may be OVER−50. In IARU−HF, category, overlay may be HQ.

Tombol : Import Section List : Mengimpor bagian file kontes untuk kontes yang dipilih.
•Bagian daftar ini digunakan untuk menentukan MULTIPLIERS untuk kontes yang akan ditampilkan di window multipliers.
•Tombol ini hanya ditunjukkan saat kontes memiliki daftar pilihan.
•Nama milis akan ditampilkan saat menekan itu (menyimpan file) seperti IOTA.SEC
•Memperbarui file ini dapat dilakukan dengan editor teks seperti 'Notepad' saat ketika aturan telah berubah dan bagian yang perlu di update.

Tombol: Show Rules (Diperlukan Akses Internet): Membuka website dari sponsor kontes di Internet dimana aturannya dapat ditemukan.

Sent Exchange : Kontes-tergantung, kebanyakan angka, zona, negara dll
•Masukkan pertukaran tanpa RS (T)!.
•Hasilnya akan baris RST tambahan dalam file output (Cabrillo, output file generik)!.
•Program ini akan memberikan peringatan ketika RST (sama informasi) akan dimasukkan.
Peringatan: "Jangan menaruh signal report di Sent Exchange. Ini akan menyebabkan output cabrillo salah”.

Sent Exchange : INGAT, jangan masukkan laporan sinyal sebagai bagian dari pertukaran ini pada halaman setup.

Operators : Masukkan di sini semua callsigns dari operator. Mengklik tombol 'Update Ops dari Log 'akan lakukan ini untuk Anda (yang paling berguna setelah kontes)
Update Ops from Log - Mengklik tombol ini akan mentransfer semua operator dari kontes login di bagian operator.

Soapbox comments : Berikan komentar Anda pada kontes, hasil, propagasi dll, teks ini akan dihapus ketika anda memilih sebuah kontes baru.

Master.DTA Filename : Tampilkan file master.dta dipilih untuk kontes spesifik-spesifik (Bukan contoh kontes-spesifik). Misalnya semua pihak QSO akan menggunakan master.dta nama file yang sama. Default untuk master.dta.

Tombol Change memberikan kemungkinan untuk memilih file master.dta berbeda untuk tujuan kontes jenis ini.

Ok − Mengizin dialog ini disimpan isi.

Help − Menampilkan file bantuan pada jendela ini.

Cancel − Meninggalkan dialog ini tanpa disimpan isi.

KETERANGAN BERIKUTNYA

•  Copy This Contest to another database - Salin Contest ini ke Database lain.

Salin informasi tombol dan QSO's dari kontes saat ini untuk database lain. Database harus ada, jika tidak, buatkan terlebih dahulu dengan 'New database'.

•  Repairing a corrupted database (Internet)

Perbaikan database rusak (Internet) - Ini adalah link ke situs Web Microsoft tentang cara untuk memperbaiki database Access rusak. Sebuah program untuk memperbaiki dapat di-download di sana (Jetcomp.exe). File ini juga dapat men-download dari situs web N1MM bawah item menu 'File lainnya'.

* Import

A. (- import) File ham.mdb
(Jangan dihapus penggunaannya copy dengan nama lain)
file default database dimana setiap contest disimpan.
- Antennas ‘Code,Antenna,Band,Port,Offset,Bidirectional’
- BandModeFrequency’RadiNr,Mode,Frequency’
- Callhist
- Contest
- ContestInsance
- CTYDAT
- CtyPrefix
- DXLOG
- Lookup
- PacketSpots
- PacketSpotsTest
- Prefixes
- SectionsWorked
- Setting
- Station
- ValidCalls
Dialog Configurer atau Configurer seperti yang kita sebut sering memiliki banyak tab dengan pengaturan program mempengaruhi perilaku program. Hati-hati dalam mendirikan semua item pada tab yang berbeda. Semua pengaturan yang diingat oleh program dalam "logger.ini N1MM" *. Menjaga versi yang berbeda dari file ini adalah cara cepat untuk beralih antara konfigurasi program. Fungsi informasi kunci, cluster telnet, panggilan sejarah, dan informasi tentang negara yang disimpan dalam database ham.mdb dan setiap database baru Anda mungkin telah dibuat.

Jika Anda belum dicentang "Sembunyikan ekstensi untuk jenis file yang dikenal" pada Windows Explorer Pilihan, Anda tidak akan melihat "N1MM Logger.ini". Anda akan melihat "N1MM Logger" dengan Jenis "Konfigurasi Pengaturan". Jangan bingung oleh file "N1MM Logger.ini.init". Hal ini digunakan oleh program selama instalasi. Ini tidak boleh diubah oleh pengguna program.

B. (- import) File hamapct.mdb
- PacketSpots
- PacketSpotsTest
- Prefixes
- SectionsWorked
- Setting
- Station
- ValidCalls

C. (- import) File hamtemp.mdb
- PacketSpots
- PacketSpotsTest
- Prefixes
- SectionsWorked
- Setting
- Station
- ValidCalls

D. (- import) File New.mdb
Buat data base baru, digunakan setelah dicopykan sebagai content dari contest dan di import CTY.DAT yang baru. (new.mdb jangan dirubah dan digunakan)
- Antennas ‘Code,Antenna,Band,Port,Offset,Bidirectional’
- BandModeFrequency’RadiNr,Mode,Frequency’
- Callhist
- Contest
- ContestInsance
- CTYDAT
- CtyPrefix
- DXLOG
- Lookup
- PacketSpots
- PacketSpotsTest
- Prefixes
- SectionsWorked
- Setting
- Station
- ValidCalls

E. (- import) Backup.
Semua database (*. mdb) file > Di file database semua kontes dengan QSO, tetapi juga fungsi tombol konten, informasi, dll Kompres Stasiun database untuk mendapatkan mereka kecil.
Simak Baca secara fonetik